Waspadai Hujan Besar, Beberapa Daerah di Sumsel Berpotensi Alami Banjir hingga Tanah Longsor

- 17 Oktober 2020, 09:50 WIB
Longsor menimbun badan jalan di Desa Bugel, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (10/6/2020). Longsor itu membuat jalan terputus dan beberapa kampung terisolasi.* /Dokumentasi BPBD Kabupaten Tasikmalaya

PIKIRAN RAKYAT - Beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) tengah diguyur hujan besar dalam beberapa hari terakhir. 

Berdasarkan hasil pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui satelit cuaca, peningkatan curah hujan pun memang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di Sumsel

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten, Nandang Pangaribowo mengatakan, curah hujan di 17 kabupaten/kota di Sumsel mengalami peningkatan sekitar 200-300 mm juga disertai angin kencang.

Baca Juga: KAMI Dituding Jadi Oposisi Pemerintah, Gatot Nurmantyo: Tergantung Orang Memandang Kami

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga merilis dalam laman resminya, ada 9 daerah di Sumsel berpotensi mengalami tanah longsor jika intensitas hujan semakin tinggi.

Sebagaimana dilansir Antara, ancaman longsor terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, tebing, atau lereng.

Beberapa daerah tersebut yakni Kabupaten Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Rawas, Muratara, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, dan Kota Pagaralam.

Baca Juga: Kena PHK akibat Covid-19, Jangan Putus Asa! Ini 5 Cara Bangkit saat Pandemi, Asah Skill di Antaranya

Sebelumnya, disampaikan oleh Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Sumsel, Elbaroma, masyarakat diminta untuk selalu waspada akan banjir dan tanah longsor.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Jurnal Sumsel


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X