Pilkada 2020 Tetap Digelar saat Pandemi , Kemendagri: Ajang Paslon Tawarkan Solusi Covid-19

- 17 Oktober 2020, 06:31 WIB
Petugas KPPS menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemungutan suara pemilihan Pilkada 2020 di Jakarta, Rabu 22 Juli 2020, /ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

PIKIRAN RAKYAT - Gelaran kontestasi politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 tak lama lagi akan digelar secara serentak.

Kendati dalam masa pandemi Covid-19, dilaporkan bahwa gelaran rutin Pilkada 2020 akan tetap dilaksanakan.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik, menyampaikan bahwa pihaknya optimis gelaran Pilkada 2020 di masa pandemi Covid-19, dapat menjadi ajang calon kepala daerah (Cakada) untuk beradu solusi penanganan  corona.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Lesty Kejora Bertemu Rizki DA hingga 8 Polisi Positif Corona Usai Amankan Demo

“Kita ingin demokrasi berjalan tetapi perang terhadap pandemi Covid-19 tetap berjalan. Dan kami ingin pilkada ini dijadikan ajang bagi para paslon untuk menawarkan solusi memerangi pandemi Covid-19,” kata Akmal Malik di Jakarta, pada Jumat, 16 Oktober 2020, dikutip dari laman resmi Kominfo.

Lebih lanjut Akmal Malik menyatakan bahwa, setiap pasangan calon (Paslon) dalam Pilkada Serentak 2020 membantu melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan yang perlu diterapkan oleh masyarakat.

“Pemerintah sudah menyusun tahapan Pilkada dengan baik sesuai dengan Peraturan KPU. Kami pemerintah meyakini pilkada ini bisa kita jadikan sebagai instrumen untuk melawan pandemi Covid-19,” tuturnya.

Baca Juga: Seorang Ibu Coba Bunuh 2 Anaknya Pakai Pemanggang BBQ, Akui Depresi Urus Keluarga Sendirian

Selain itu, ia mengatakan bahwa, semua pasangan calon diwajibkan untuk mendorong program pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tengah masyarakat, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X