PUPR: Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Lengkapi Struktur Jaringan Jalan di Jabodetabek

- 13 Oktober 2020, 13:22 WIB
POTRET Proyek Tol Cimanggis-Cibitung. /Kementerian PUPR


PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memaparkan bahwa Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 kilometer akan melengkapi jaringan jalan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Hal itu disampaikan oleh Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta pada Selasa, 13 Oktober 2020.

"Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2 yang tengah dalam proses konstruksi," tulis keterangan tersebut.

Baca Juga: MotoGP 2020: Valentino Rossi Baru Sadar Usianya 41 Tahun Setelah Sering Jatuh di Lintasan

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari ANTARA, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sendiri dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways.

Sementara itu, secara keseluruhan jalan tol ini memiliki total panjang 26,18 kilometer dan merupakan salah satu akses tol yang masuk ke bagian JORR 2.

Diketahui. jalan tol ini terdiri dari dua seksi. Yang pertama adalah seksi 1a ruas Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya/Transyogi sepanjang 3,17 kilometer.

Baca Juga: Kadin Jateng Sebut UU Cipta Kerja Bisa Buka Peluang Besar untuk Atasi Pengangguran

Seksi tersebut, sudah mencapai 99 persen proses pembangunan serta telah dilakukan perbaikan- perbaikan usai pelaksanaan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilaksanakan oleh tim evaluasi dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, hingga Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Sedangkan untuk yang kedua, seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung sepanjang 3,01 kilometer. Saat ini proses pembangunannya telah mencapai 73,2 persen dan memiliki target rampung pada Maret 2021 mendatang.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X