Tanda-tanda jika Tsunami akan Datang dalam Waktu Dekat, Dilihat dari Arah Terbangnya Burung

- 30 September 2020, 18:45 WIB
ILUSTRASI tsunami.* //pixabay/kellepics

PIKIRAN RAKYAT - Isu terkait gempa megathrust dan tsunami setinggi 20 meter yang berawal dari salah satu riset Institut Teknologi Bandung (ITB) menimbulkan kecemasan warga. 

Oleh karena itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga tidak terlalu panik akibat pemberitaan gempa megathrust dan tsunami ini. 

BMKG pun menegaskan, riset yang dilakukan ITB seperti ini belum tentu terjadi.

Baca Juga: Ketahuan Reaktif Covid-19 Saat di Bogor, Pasien Meninggal Dunia di Tasikmalaya

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan bahwa potensi itu merupakan skenario terburuk yang akan terjadi jika zona yang selama ini terkunci di Selatan Jawa barat dan Selatan Jawa Timur lepas bersama-sama.

Sebagai bagian dari upaya mitigasi bencana, beberapa tim peneliti tengah melakukan penelitian lanjutan, seperti yang dilakukan oleh tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengembangkan sistem deteksi dini gempa.

Selain mengandalkan sistem deteksi dini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai tanda-tanda alam jika terjadi bencana alam khususnya tsunami.

Baca Juga: Labu Raksasa Cetak Rekor dengan Berat 830 Kg, Jadi Salah Satu yang Terbesar di Dunia

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-bandungraya.com, "Kenali Tanda-tanda Alam jika Akan Terjadi Bencana Tsunami dalam Waktu Dekat"BPBD Lumajang menjelaskan ada dua tanda yang jelas jika tsunami akan datang dalam waktu dekat.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Pikiran Rakyat Bandung Raya


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X