Pakar Satgas Covid-19: Masker Kain Bagi Orang Sehat, Maksimal Setiap 4 Jam Harus Diganti

- 20 September 2020, 17:46 WIB
ILUSTRASI masker /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT -  Di tengah situasi pandemi Covid-19, penggunaan masker menjadi hal yang sangat esensial. Namun sayang sekali masih banyak belum memahami ketentuan dalam menggunakan masker agar tetap efektif. 

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan bahwa penggunaan masker kain seharusnya diganti setiap empat jam sekali.

"Masker kain bagi orang yang sehat maksimal dipakai tiga sampai empat jam, setelah itu harus diganti," ujarnya, Minggu 20 September 2020.

Baca Juga: Usai Bikin Heboh Mengaku Positif Covid-19, Kini Kabar Mengejutkan Kembali Datang dari Dwayne Johnson

Melalui sosialisasi yang disiarkan akun Youtube resmi milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Prof. Wiku juga menjelaskan cara melepas masker yang benar.

Dimulai dari melepas pengait masker di telinga kanan menggunakan tangan kanan dan melepas pengait di telinga kiri dengan tangan kiri.

Setelah itu masker bisa dimasukkan ke dalam penyimpanan seperti kantung plastik untuk kemudian dicuci dan dikenakan kembali.

Baca Juga: Indonesia Nyatakan Siap Gelar Piala Dunia U-20 2021 dalam Kondisi Apapun

Sebagaimana diberitakan Zonajakarta.com sebelumnya dalam artikel "Selalu Sedia Cadangan, Masker Kain Wajib Diganti Setiap 4 Jam Sekali Agar Tetap Efektif", menurut Prof. Wiku, penggunaan masker penting untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X