Hadiri Sidang Paripurna, Puan Maharani Pastikan DPR RI Bereskan RUU Sesuai Prioritas dan Bahas UMKM

- 14 Agustus 2020, 16:11 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani. /ANTARA/ HO- Biro Pers Parlemen

PIKIRAN RAKYAT - Di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta telah dilaksanakan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021 beserta Nota Keuangan.

Pada Jumat, 14 Agustus 2020 sidang tersebut dibuka oleh Ketua DPR RI, Petahana Puan Maharani dengan menguraikan beberapa hal termasuk mengenai program pemulihan ekonomi nasional seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Youtube DPR RI.

Menurut Puan Maharani, pemulihan ekonomi tersebut diarahkan agar dapat menjangkau pemulihan pada sisi permintaan (demand side) dan sisi penawaran (supply side).

Baca Juga: Tak Sanggup Berpisah, Seorang Pria Buat Patung Lilin Istrinya yang Tewas Kecelakaan Mobil

Demand side berarti pula pemulihan yang ditekankan pada upaya mengatasi penurunan derajat kesejahteraan rakyat yang meluas.

Sementara supply side menurut Puan Maharani yakni pemulihan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan padat karya yang dianggap perlu terus diperkuat.

"Pelaku usaha agar dapat dilaksanakan secara tepat sasaran dan tepat guna dalam menggerakkan produktivias perekonomian nasional. Pemulihan UMKM dan sektor padat karya juga terus diperkuat, hampir 60 persen PDB (produk domestik bruto) nasional bersumber pada sektor UMKM," ujarnya.

Baca Juga: Warga di Majalengka Sudah Cukup Lama Kesulitan Air, Langsung Menyerbu Saat Bantuan Datang

Ia menambahkan bahwa campur tangan pemerintah dalam UMKM ke depannya perlu dilakukan.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X