Gibran Rakabuming Raka Maju Pilkada, Jokowi Pilih Tak Injakkan Kaki di Solo, Menpan RB: Harus Ditiru

- 11 Agustus 2020, 09:55 WIB
Dokumentasi. Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan) dan putra Gibran Rakabuming (kedua kanan) berbincang dengan putra almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie (kanan) dan Thareq Kemal Habibie (kiri) saat melayat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019. BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu, 11 September 2019 pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD. /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih untuk tak menginjakkan kakinya atau pulang ke kampung halamannya di Solo hingga Pilkada Solo selesai.

Seperti diketahui, putra Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka akan maju dalam Pilkada Solo berpasangan dengan Teguh Prakoso (Gibran-Teguh). Pilkada Solo rencananya akan digelar pada Desember 2020.

Namun hingga saat ini memang belum ada lawan yang akan bertarung melawan putra Presiden Jokowi itu. Apakah Gibran akan melawan kotak kosong? Kemungkinan itu bisa terjadi bisa pula tidak.

Baca Juga: Pecakan Rekor Tercepat Taklukan 7 Benua dengan Terjun Payung, Naila Novaranti Peroleh Rekor MURI

Oleh karena putranya akan ikut Pilkada Solo, demi menjaga netralitas dirinya selama tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah 2020, Jokowi memilih untuk tidak dulu berkunjung ke Solo hingga seluruh tahapan Pilkada Solo selesai.

Langkah Jokowi demi menjaga netralitas dirinya di Pilkada Solo itu mendapat respon baik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Saat Semua Orang Mengoceh tentang Anthony Martial, Jangan Lupa Sosok Tangguh Karl-Johan Johnsson

Menpan-RB, Tjahjo Kumolo, berharap, sikap Jokowi tersebut diikuti oleh pejabat tinggi negara hingga aparatur sipil negara (ASN) dalam menjaga netralitasnya.

"Saya yakin Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin tidak akan terlibat dalam proses aktivitas Pilkada," kata Tjahjo dalam sebuah diskusi melalui webinar, Senin 10 Agustus 2020, seperti dilansir dari Warta Ekonomi pada artikel "Ini Cara Jokowi Biar Dibilang Netral di Pilkada Solo," dengan sindikasi konten dari Okezone.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Okezone, Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X