Bursa Calon Presiden 2024: Prabowo Subianto Kandidat Terkuat, Anies Baswedan Kalahkan Ganjar Pranowo

- 5 Agustus 2020, 09:55 WIB
Prabowo Subianto. /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Nama Prabowo Subianto disebut-sebut menjadi kandidat paling kuat jika maju lagi dalam Pemilihan Presiden 2024 nanti. Hal itu berdasarkan survei Akurat Poll yang disampaikan oleh Direkturnya Adlan Nawawi.

Dalam rilis survei yang dirilis secara daring, Akurat Poll menyebut pria yang kini menjabat Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu mendapat elektabilitas 12,7 persen.

Survei Akurat Poll dilakukan pada 15-24 Juli 2020 dengan jumlah responden 1.210 orang dan dilakukan lewat wawancara langsung terhadap responden survei yang dipilih secara acak. Metode survei menggunakan multistage random sampling. Tingkat kesalahan (margin of error) mencapai 2,8 persen.

Baca Juga: Manchester City Dapatkan Ferran Torres, Sang Pemain Anyar Singgung Pep Guardiola

Di bawah Prabowo, dengan selisih cukup jauh ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 5,2 persen dan Sandiaga Uno 3,9 persen. Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada diposisi empat dengan elektabilitas sebesar 3 persen.

“Lalu di posisi selanjutnya masing-masing ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas sebesar 2 persen,” ucap dia.

Adlan mengatakan Prabowo Subianto akan mendapatkan sumbangan suara terbesar dari Pulau Jawa sebesar 12,9 persen dari hasil simulasi. Lalu diikuti oleh Ganjar Pranowo sebesar 11 persen, Anies (10.3 persen), AHY (6.4 persen), lalu Sandiaga Uno (5.6 persen).

Baca Juga: Trump Terus Desak Sekolah di AS untuk Dibuka saat Covid-19 Hampir Capai 5 Juta Kasus di Negaranya

Dari sisi popularitas, Adlan menyatakan Prabowo masih berada pada urutan pertama dengan 93,9 persen. Sementara Anies di urutan kedua dengan 85.4 persen. Lalu diikuti Sandiaga Uno (82,5 persen), Basuki Tjahaja Purnama (82.4 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (72,9 persen).

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X