Megawati Minta Masyarakat Praktikkan Salam Pancasila: Gunakan Saat Rapat dan Pertemuan!

- 19 Maret 2023, 18:24 WIB
Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.
Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri. /Antara/Akbar Nugroho Gumay

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri meminta masyarakat melakukan salam baru yang ia sebut sebagai 'Salam Pancasila'. Ia meminta masyarakat melakukan hal tersebut untuk mengawali berbagai kegiatan penting.

Dalam keterangannya, Megawati menyatakan Salam Pancasila boleh digunakan saat membuka acara-acara. Rapat, pertemuan, dan lainnya bisa menggunakan jenis salam ini.

"Saya minta tolong kepada mereka yang merasa ideologinya pancasila. Kalau mengadakan rapat, pertemuan, itu beri salam (Pancasila)," ujar Megawati dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Minggu, 19 Maret 2023.

Baca Juga: Tantowi Yahya: Musik Tak Pernah Mati, Harus Tetap Diperingati setiap 9 Maret

Presiden RI ke-5 ini menyatakan seseorang yang punya ideologi Pancasila pasti akan mempraktikkan salam Pancasila di dalam setiap pertemuan yang dihadirinya.

Megawati juga mempraktekkan cara Salam Pancasila di Peringatan Sembilan Tahun Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di Area Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Jadi begini, kalau saya angkat (tangan kanan) begini, saya teriakkan "Salam Pancasila" nanti kalian menjawabnya sama," kata Megawati.

"Tetapi kalian berdiri," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Amankan 39 Wanita dari Penampungan PSK di Jakarta Barat, Muncikari-Tiga Bodyguard Jadi Tersangka

Setelah Megawati menyatakan hal tersebut, ribuan kepala desa itu dengan kompak menjawab salam Pancasila yang diteriakkan oleh Megawati.

Halaman:

Editor: Alza Ahdira


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x