Jokowi Sebut 1.620 Sukarelawan akan Terlibat dalam Uji Klinis Vaksin Virus Covid-19 Tahap III

- 22 Juli 2020, 12:58 WIB
Presiden RI Joko Widodo: Jokowi memberikan kabar baru di laman media sosialnya, ia sebut Indonesia akan lakukan uji klinis vaksin Covid-19 tahap III./Instagram @jokowi
Presiden RI Joko Widodo: Jokowi memberikan kabar baru di laman media sosialnya, ia sebut Indonesia akan lakukan uji klinis vaksin Covid-19 tahap III./Instagram @jokowi /

PIKIRAN RAKYAT - Rabu 22 Juli 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuat postingan terbaru dalam lama media sosialnya terkait vaksin Covid-19.

Jokowi mengungkapkan bahwa uji klinis vaksin Covid-19 tahap III sebentar lagi akan dilaksanakan.

Dia juga menjelaskan dalam uji klinis vaksin tahap III ini akan melibatkan 1.620 sukarelawan.

Baca Juga: Ada 1.204 Kasus WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri, Paling Banyak di Arab Saudi

"Selamat pagi. Saya menerima tim uji klinis vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bio Farma dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Istana Merdeka, kemarin," tulisnya dalam akun Instagram Jokowi pada Rabu, 22 Juli 2020.

"Hasilnya nanti akan dibandingkan dengan hasil uji klinis yang sama di berbagai negara." lanjutnya dalam keterangan postingan tersebut.

Jokowi pun menyebutkan, proses dan protokol fase uji klinis akan mendapatkan pendampingan ketat dari BPOM. Apabila dinyatakan lolos, BPOM akan mempercepat pemberian izin edarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Bubarkan 18 Lembaga, Lingkar Madani Sebut Dewas KPK Perlu Dibubarkan

Adapun produksinya, jika uji klinis tahap ketiga berhasil, akan dilaksanakan oleh BUMN farmasi, PT Bio Farma (Persero). Ia berujar BUMN akan memproduksi vaksin dengan kapasitas 100-250 juta dosis per tahun.

Halaman:

Editor: Irma Nurfajri Aunulloh

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X