Masuki Tahap 3 Uji Coba Vaksin Covid-19 asal Tiongkok, BPOM: Jika Sudah akan Diberi Izin Edar

- 21 Juli 2020, 16:05 WIB
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito.*
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito.* //ANTARA

PIKIRAN RAKYATVaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech, Ltd asal Tiongkok telah tiba di Indonesia dan diuji coba di Bandung.

Uji coba vaksin Covid-19 ini akan dilakukan oleh para ilmuwan yang bekerjasama dengan Bio Farma.

Usai rapat intern dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, pada Selasa 21 Juli 2020 Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan personel untuk melakukan imuniasi dan penganggarannya.

Baca Juga: Tak Henti-hentinya, Pasukan Israel Serbu dan Hancurkan Pos Pemeriksaan Covid-19 Palestina

"Itu kami akan bahas bersama dengan Kemenkeu terutama dan mudah-mudahan semua berjalan lancar dan diridhoi oleh Tuhan YME," ujar Terawan.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny Lukito menerangkan, saat ini vaksin dari Sinovac Biotech akan diuji klinis tahap tiga di Indonesia.

"Jadi sekarang ini kita akan melakukan uji klinik fase 3. Tahap ketiga. Ini tahap yang paling penting dan sudah tahap lanjut. Artinya sudah hampir kita sampai pada menemukan dan produksi vaksin tersebut," terang Penny.

Baca Juga: Penambahan Kasus Covid-19 di Jabar Kembali Terkendali

Ia mengatakan, BPOM menjamin validitas protokol uji klinis vaksin corona. Pihaknya juga akan mendampingi proses uji tersebut sehingga nantinya akan ada percepatan pemberian izin edarnya.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Galamedianews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X