Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti Akan Mulai Diuji Coba di Bali, Catat Tanggalnya

- 25 Januari 2023, 15:35 WIB
Ilustrasi jalan tol.
Ilustrasi jalan tol. /Dok. Jasa marga

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diketahui akan mengubah sistem pembayaran tol menggunakan sistem tanpa berhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sistem ini pun akan mulai diterapkan pada tahun 2023, dan mulai diuji coba pada 1 Juni 2023 mendatang di Bali.

Sebagaimana diketahui, sistem ini membuat pengendara yang ingin membayar tarif tol, tidak lagi diharuskan berhenti sehingga menyebabkan antrean di gardu tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, penerapan sistem ini akan mulai sepenuhnya diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia pada akhir bulan Desember 2023 mendatang.

Baca Juga: WNI Dituduh Lecehkan Wanita Lebanon Saat Umrah, Kemlu Siap Ambil Langkah Hukum

Menurut Danang, nantinya saat melakukan uji coba di Bali, pihaknya akan menghilangkan satu gerbang tol dan diganti dengan sistem baru tersebut.

Kendati demikian, gerbang lainnya masih ada dan bisa melakukan transaksi nontunai konvensional.

"Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu, di satu ruas tol untuk MLFF. Sementara, gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik," ujar Danang sebagaimana dikutip dari PMJ News, Rabu 25 Januari 2023.

Adapun sistem MLFF menggunakan perangkat on board unit (OBU) yang bentuknya, bisa merupakan digital yakni e-OBU atau secara fisik yang dipasang di kendaraan.

Halaman:

Editor: Puput Akad Ningtyas Pratiwi

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x