POPULER HARI INI: Syarat dan Proses Menjadi Kepala Desa hingga Pesan Agnez Mo untuk Bunda Corla

- 25 Januari 2023, 07:25 WIB
Demo kepala desa menuntut perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun.
Demo kepala desa menuntut perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun. /Antara/Rivan Awal Lingga

PIKIRAN RAKYAT – Isu wacana perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun selama satu periode santer terdengar belakangan ini. Aspirasi ini sebelumnya mengemuka usai Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) melakukan aksi unjuk rasa menuntut masa jabatan Kades diperpanjang.

Rupanya, aspirasi mereka tak hanya menuntut perpanjangan jabatan, tapi juga menyuarakan agar masa jabatannya bisa lebih lama dari maksimal dua periode atau total 12 tahun menjadi 3 periode dengan jumlah per satu periode 9 tahun, sehingga seorang Kepala Desa bisa menjabat selama 27 tahun.

Jabatan lama dan punya segudang keistimewaan, banyak orang mengincar jabatan kepala desa. Sejumlah syarat menjadi kepala desa diatur dalam pasal 33 UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Kutipan di atas merupakan salah satu dari lima artikel popular di kalangan Pikiran-Rakyat.com pada Selasa, 24 Januari 2023. Berikut kami ulas selengkapnya.

1. Prediksi Skor Schalke 04 vs RB Leipzig di Bundesliga: Line-up dan Head to Head

Schalke 04 akan menjamu RB Leipzig di Veltin-Arena pada Rabu, 25 Januari 2023 pukul 00.30 WIB. Simak prediksi skor, line-up, hingga head to head Schalke 04 vs RB Leipzig.

Baca Juga: Roundup: Pledoi Ferdy Sambo Hadapi Ancaman Penjara Seumur Hidup

Perlu diketahui, kedua tim ada dalam kondisi yang berbeda dengan Schalke yang baru saja menderita kekalahan 3-0 atas Eintracht Frankfurt. Sementara Die Roten Bullen (RB) Leipzig, baru saja menahan Bayern Munchen dengan skor imbang 1-1.

Schalke 04 jadi satu-satunya tim di divisi ini yang belum mencapai 2 digit dalam poin klasemen di Bundesliga dengan catatan kebobolan 35 gol. Tim itu ada di posisi terakhir klasemen Bundesliga dan terpaut 6 poin dari Augsburg di posisi ke-15.

Halaman:

Editor: Yudianto Nugraha


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x