Tidak Terdampak Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Juanda Normal

- 4 Desember 2022, 19:18 WIB
Ilustrasi bandara.
Ilustrasi bandara. /Pixabay/Skitterphoto

PIKIRAN RAKYAT – Erupsi Gunung Semeru yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur pada hari Minggu, 4 Desember 2022 itu tidak membuat aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo terganggu.

Berdasarkan keterangan dari Stakeholder Relation Manager AP I Juanda Yuristo diketahui bahwa penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya tetap berjalan normal.

"Info dari teman-teman Apron Movement Controller (AMC) per jam 16.11 WIB tidak ada penerbangan yang terdampak, Bandara Juanda beroperasi normal," katanya, Minggu, 4 Desember 2022.

Baca Juga: 7 Pertanyaan yang Sering Diajukan Peserta Rekrutmen BUMN 2022, Simak Jawabannya

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan peringatan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah terdampak erupsi yaitu Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Abdul Rachman Saleh Malang.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa berdasarkan pemeriksaan sementara, kedua bandara di Jawa Timur itu dalam kondisi yang aman. Meski demikian, para petugas di Surabaya dan Malang pun tetap disiagakan.

"Berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kondisi personel, bangunan dan fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi aman, termasuk landas pacu untuk aktivitas take off maupun pendaratan pesawat," ucapnya.

Baca Juga: Waspada Potensi Pergerakan Tanah di Jakarta pada Desember 2022, BPBD Sebut Ada 10 Titik Rawan

"Personel Cabang Surabaya dan Malang terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang gempa, erupsi dan awan panas," tuturnya menambahkan.

Sejauh ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang pun diketahui terdampak erupsi Gunung Semeru, beberapa di antaranya adalah Desa Capiturang dan Sumber Urip di Kecamatan Pronojiwo.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x