Gempa Garut Bikin Cemas Soal Sesar Lembang, BMKG Beberkan Hasil Pantauan 24 Jam

- 3 Desember 2022, 17:53 WIB
Ilustrasi Sesar Lembang di kawasan Bandung Utara.
Ilustrasi Sesar Lembang di kawasan Bandung Utara. /

PIKIRAN RAKYAT – Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Kabupaten Garut pada 3 Desember 2022 sekitar pukul 16:49 WIB, warga Bandung mendadak panik terkait Sesar Lembang.

Seperti diketahui, baru terjadi guncangan yang berlokasi di 7.49LS, 107.58BT, 46 km Barat Daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 106 Km.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Belum usai ketakutan pascagempa di Cianjur, guncangan kali ini turut memantik rasa paranoid warga Jabar, salah satunya terkait Sesar Lembang.

 Baca Juga: Head to Head Kualitas Statistik Pemain Argentina vs Australia: Penyerang, Gelandang, dan Bek

Menanggapi kepanikan massal tersebut, BMKG membeberkan hasil pantauan terakhir situasi di Sesar Lembang yang belakangan banyak dibicarakan tersebut.

Staf Observasi Geologi Gempa Bumi Stasiun BMKG Bandung Ajeng Marina Utami menjelaskan, hingga saat ini belum ada aktivitas signifikan dari Sesar Lembang.

"Sejauh ini belum ada aktivitas Sesar Lembang. Tapi BMKG dengan jaringan jauh lebih baik sekarang selalu memantau pergerakan Sesar Lembang selama 24 jam," ucap Ajeng, dikutip Sabtu, 3 Desember 2022.

Saat ditemui awak media di Balai Kota Bandung, dia juga menjelaskan bahwa per tahun 2022, Sesar Lembang terpantau hanya mengeluarkan gempa-gempa kecil yang sama sekali tidak berbahaya.

Halaman:

Editor: Siti Aisah Nurhalida Musthafa


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x