Ada Dugaan Korupsi Sejak 2012, KPK Geledah Pendopo Wali Kota dan Dinas PUPR Banjar

- 10 Juli 2020, 16:58 WIB
Ilustrasi KPK. /Antara/Benardy Ferdiansyah

PIKIRAN RAKYAT - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Pendopo Wali Kota Banjar dan Dinas PUPR Kota Banjar, pada Jumat 10 Juli 2020. Penggeledahan tersebut terkait penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar tahun 2012 sampai dengan 2017.

"Kami informasikan bahwa saat ini KPK sedang melakukan penyidikan terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar tahun 2012 sampai dengan 2017," kata Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri.

Ali mengatakan, tim penyidik KPK tengah melakukan tahap pengumpulan alat bukti di antaranya memeriksa saksi dan melakukan kegiatan penggeledahan di beberapa tempat. Termasuk di antaranya di Pendopo Wali Kota Banjar dan Dinas PUPR Kota Banjar.

Baca Juga: Dinda Hauw Resmi Menikah usai Taaruf, Simak Perjalanan Karier sang Bintang Surat Kecil untuk Tuhan

"Kami saat ini belum dapat menyampaikan detail pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka karena sebagaimana telah kami sampaikan bahwa kebijakan pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan. Perkembangan berikutnya nanti akan kami sampaikan," tutur Ali. 

Sehari sebelumnya atau Kamis 9 Juli 2020 malam, KPK juga mendatangi Kantor PT PMG Kota Banjar. Kantor yang didatangi petugas KPK mendapat penjagaan dari aparat kepolisian bersenjata.

Informasi yang dihimpun, petugas KPK datang naik empat mobil plat B. Begitu turun dari kendaraan petugas langsung masuk kantor. Mereka mengenakan masker dan sarung tangan.

Baca Juga: Kedekatannya dengan Didi Riyadi Dituding Settingan, Ayu Ting Ting Ungkap Kebenarannya

loading...

Beberapa wartawan juga dilarang mengambil gambar oleh aparat.

“Ada beberapa orang, saya perkirakan dari KPK datang dan menggeledah Kantor PUPR. Sebelumnya mereka mendatangi Kantor PMG. Aparat bersenjata juga berjaga di depan pintu masuk. Sampai saat ini masih berlangsung,” tutur Susi , warga Banjar.

Sementara itu salah seorang pengemudi kendaraan yang ditumpangi petugas KPK, juga tidak mau mengatakan maksud kedatangannya. Dia juga menolak menyebutkan identitasnya. Hanya saja mengaku datang dari Jakarta, dan sudah datang di Kota Banjar sejak hari Kamis, 9 Juli 2020.

Empat petugas KPK yang mendatangi Pendopo Wali Kota Banjar juga sempat keluar dari tempat tersebut untuk menuju Masjid Agung , untuk melaksanakan salat jumat. Setelah itu mereka kembali ke pendopo.***

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X