Kisah Kompol Sutiono, Polisi yang Bergabung Jadi Relawan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

- 9 Juli 2020, 18:33 WIB
ILUSTRASI. Petugas memakamkan jenazah sesuai dengan protokol pemakaman jenazah pasien penyakit menular.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Komisaris Polisi (Kompol) Sutiono yang merupakan salah satu Anggota Kepolisian Polresta Malang, Jawa Timur (Jatim), yang bersedia menjadi relawan pemakaman jenazah pasien Covid-19

Tak hanya itu, Kompol Sutiono pun bersedia menjadi relawan saat Kapolresta Malang, Kombes Pol Leonardud Simarmata meminta beberapa anggota polisi menjadi relawan untuk memakamkan jenazah pasien meninggal virus corona. 

Pria yang juga menjabat Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan di Polresta Malang Kota itu tak pernah menolak untuk melaksanakan tugas mulia yang penuh risiko tersebut.

Baca Juga: Hari Ini Indonesia Catat Angka Tertinggi Covid-19 Harian, Jawa Barat Sumbang Kasus Terbanyak

Bahkan di kepalanya tak pernah terbesit sedikit pun soal upah dan penghargaan ketika dirinya menjadi orang yang berada di garda terdepan dalam proses pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

Hati kecilnya bahkan sempat takut untuk menjadi relawan jenazah pasien covid-19 tersebut.

Namun setelah mendapatkan masukan dengan menerapkan standar pemakaman yang ketat dari para dokter, ia ikhlas melaksanakannya. Hanya doa yang menjadi pengawalnya agar terhindar dari penularan virus berbahaya itu.

Baca Juga: Kiper Persib Made Wirawan Optimis BIsa Teruskan Raihan Positif jelang Kembali Bergulirnya Liga 1 202

"Iya, siapa yang enggak takut tertular? Di awal saya benar-benar takut. Tapi saat komunikasi dengan dokter gimana caranya supaya tidak tertular dan karena setiap hari seperti itu dan saya pun akhirnya menjadi terbiasa sampai sekarang," ucap Kompol Sutiono.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Indo Bali News

Resep Membuat Donat Bombolani

21 September 2020, 17:01 WIB
X