Nekat Menambang Saat Musim Hujan, Seorang Penambang Tewas Tertimbun Longsor

- 4 Juli 2020, 17:49 WIB
Jenazah penambang yang ditemukan tewas di kawasan tambang rakyat Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango, Sabtu, 4 Juli 2020. /ANTARA/Chris Paino

PIKIRAN RAKYAT – Hujan deras sedang intens mengguyur kawasan di Suwawa Timur, sebuah kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, belakangan ini.

Namun, seorang penambang yang telah bertahun-tahun bekerja menggali hasil alam, nekat tetap bekerja di tengah musim hujan.

Siapa nyana, ia menjadi korban tewas dalam peristiwa longsor di kawasan tambang rakyat Suwawa Timur, yang tertimbun sejak Jumat, 3 Juli 2020.

Baca Juga: Ayah Ayu Ting Ting Menangis Setelah Terima Uang Taspen PNS, Sedih Usai Pensiun dari PNS

Seperti Pikiran-rakyat.com kutip dari Antara, penambang itu ditemukan Sabtu, 4 Juli 2020 pagi.

Penambang tersebut, dilaporkan bernama Oka (25), merupakan pekerja di titik bor 18, berasal dari Sulawesi Tengah. Jenazah korban akan dibawa kembali ke kampung halamannya.

loading...

"Dia tertimbun longsor sejak kemarin Jumat dan baru kami temukan Sabtu pagi. Kemarin kami sempat melakukan pencarian dengan menggali tanah, namun terkendala hujan deras," ungkap Rahman Rindengan (46), rekan korban. Rahman mengungkapkan sepanjang kawasan penambangan banyak terjadi longsor, akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Athletic Bilbao vs Real Madrid: Varane Punya Masalah di Kepala, Zidane Tak Mau Ambil Risiko

Suwawa Timur juga, merupakan salah satu wilayah yang terdampak banjir pada Jumat 3 Juli 2020, akibat luapan Sungai Bone.

Dari data Pemda Kabupaten Bone Bolango, terdapat enam desa yang terdampak banjir di Kecamatan tersebut dengan jumlah korban banjir 544 Kepala Keluarga (KK) atau 2.000 jiwa.

Suwawa timur merupakan wilayah yang berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW).***

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X