Kawanan Pencuri Ternak Diringkus di Kebumen, Salah Satu Pelaku Ketua RT di Brebes

- 3 Juli 2020, 19:52 WIB
Kapolres Kebumen interogasi WA, tersangka maling kambing yang juga Ketua RT di Desa Karanglo, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. /Pikiran-rakyat.com/Eviyanti

PIKIRAN RAKYAT - Kawanan pencuri ternak lintas kabupaten tunggang langgang dikejar warga saat beraksi di kandang milik warga Desa Podourip, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Satu tersangka inisial WA (50), adalah salah satu Ketua RT, di  Desa Karanglo Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes.

Berhasil digelandang ke kantor polisi, WA dan komplotannya  sudah malang melintang melakukan pencurian ternak sejumlah wilayah kabupaten di Jateng.

Baca Juga: Luncurkan Merdeka Belajar Jilid 5, Mendikbud: Calon Guru Penggerak Tidak Mudah Diseleksi
 
 WA ditangkap saat dia dan komplotanya sedang beraksi namun saat itu sekitar  sekitar pukul 03.45 Wib Rabu lalu, melintas kendaraan patroli Unit Resmob Sat Reskrim Polres Kebumen, dan Unit Reskrim Polsek Petanahan yang sedang berpatroli di wilayah Petanahan.
 
Rombongan polisi saat tiba di Desa Podopurip melihat kendaraan  Toyota Avanza yang diparkir di tempat yang mencurigakan. Menurut warga setempat kendaraan tersebut bukan milik penduduk disitu.

Saat didekati kendaraan mobil Toyota Avanza itu malah tancap. Sedangkan dua tersangka yang sedang mengeksekusi kambing di kandang ditinggal  karena panik. WA yang tidak kuat lari langsung  ditangkap  saat sembunyi di semak-semak, sedang tersangka lainnya berhasil lolos.

Baca Juga: Pengusulan Insentif bagi 56 Anggota Linmas yang Wafat di Kabupaten Tasikmalaya Mandek

Polisi yang ada di lokasi segera mengamankan tersangka dan barang bukti pisau "cutter" yang digunakan untuk memotong tali pengikat kambing.

"WA tidak bekerja sendiri tapi dengan komplotannya, kita sudah mengantongi beberapa nama, dan sampai saat ini sedang dilakukan pengejaran" kata s Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan,  Jumat, 3 Juli 2020.

Kawanan pencuri tersebut kata Kapolres beraksi dari kabupaten  ke kabupaten lain.

loading...

Baca Juga: Lakukan Kontak dengan Pasien Positif, Seorang Karyawan Mal di Pekanbaru Terinfeksi Covid-19

Pengakuan tersangka yang katanya sebagai Ketua RT di desanya, di wilayah Kebumen baru beraksi di 3 lokasi  pencurian kambing.

Di antaranya di wilayah jalur selatan selatan atau jalan daendels Kebumen . Aksinya dilakukan dini hari dan menggunakan kendaraan penumpang yang disewanya dari seseorang.

"Dalam satu malam, mobil penumpang sewaan tersebut itu bisa membawa 5 kambing sekaligus dalam setiap aksinya.

Kini akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUH Pidana ke 3e, ke 4e dan ke 5e KUHPidana jo Pasal 53 ayat (1) KUH Pidana tentang percobaan pencurian dengan pemberatan.***

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X