Lagu Yamko Rambe Yamko Diklaim Berasal dari Papua, Arie Kriting: Mereka Saja Tak Tahu Artinya Apa

- 30 Juni 2020, 06:00 WIB
ILUSTRASI suku Papua.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT -  Komedian Satriaddin Maharinga Djongki alias Arie Kriting turut berkomentar dalam polemik asal lagu Yamko Rambe Yamko yang kini tengah ramai dibahas. 

"LAGU PAPUA? Sering sekali menyanyi lagu ini, tapi baru kali ini paham sebenarnya lagu 'Yamko Rambe Yamko' itu mengenai apa," tulis Arie dalam akun Instagram pribadinya.

Arie bersama sejumlah kawannya mencari tahu asal usul dan arti lagu tersebut dan tidak menemukan literatur yang membuktikan lagu Yamko Rambe Yamko itu berasal dari Papua

Baca Juga: Bupati Majalengka Usul Guru Datangi Rumah Siswa untuk Mengajar dalam Kelompok Kecil

"Saya menemukan fakta menarik bahwa orang-orang di Papua juga tidak tahu itu artinya apa dan tidak ada yang tahu itu bahasa apa. Tidak ada suku yang mengakui sampai sejauh ini lagu Yamko Rambe Yamko itu lagu dari daerah mereka,” kata kekasih Indah Permatasari tersebut.

Lelaki yang lahir di Kendari, Sulawesi Tenggara itu terkejut saat melihat sebuah unggahan di Facebook yang membeberkan fakta berbeda soal lagu tersebut.

“Saya punya kakak itu Ibiroma Wamla, kakak Andi, dia menyatakan bahwa tidak ada satupun sejarah literatur yang menyatakan bahwa lagu Yamko Rambe Yamko itu dari Papua," ungkapnya.

Baca Juga: Datangi DPD Golkar, Ratusan Ketua RT Sampaikan Dukungan untuk Teh Nia di Pilbup Bandung 2020

"Dan sejauh ini tidak ada satu suku pun yang mengklaim bahwa lagu itu bahasa daerah mereka,” tutur Arie.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Tasikmalaya


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X