Tampak Luapkan Emosi ke Para Menteri, Monica: Presiden Jokowi Tahan Marah sejak Awal, Ada Kesedihan

- 29 Juni 2020, 14:30 WIB
Presiden Jokowi.* /Instagram.com/@jokowi

PIKIRAN RAKYAT - Sempat mengejutkan masyarakat Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi), tampak meluapkan emosinya saat menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta pada 18 Juni 2020 yang videonya baru dirilis, Minggu 28 Juni 2020 melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pakar bahasa tubuh dan mikroekspresi, Monica Kumalasari, menganalisis bahasa tubuh Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta tersebut.

Dalam sidang tersebut, Jokowi memberikan teguran keras dan meluapkan kejengkelan karena belum ada kemajuan signifikan dari kinerja jajarannya selama tiga bulan terakhir.

Baca Juga: Aktor FTV Ridho Ilahi Terjerat Kasus Narkoba, Polisi: Sudah Kita Amankan

Jokowi pun mengatakan ia bisa saja melakukan reshuffle atau membubarkan lembaga. Monica mengatakan, Jokowi bicara secara spontan tanpa teks selain mungkin catatan berisi poin-poin catatan pribadinya.

loading...

"Akan mengekspresikan perasaan seseorang secara lebih genuine," kata Monica di Jakarta, Senin 29 Juni 2020.

Monica menganalisis gestur Jokowi berdasarkan lima kanal, yakni raut wajah, bahasa tubuh, suara, gaya verbal dan konten.

Baca Juga: Anak Tega Laporkan Ibu Sendiri ke Polisi, Cuma Gara-gara Masalah Motor

Dari ekspresi wajah yang bersifat universal, Monica menganalisis raut presiden sepanjang pembicaraan memperlihatkan banyak kesedihan yang terlihat dari gerakan alis dan bibirnya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Fix Padang

Mengenang 118 Tahun Bung Hatta

13 Agustus 2020, 00:06 WIB
X