Menpora Kecam Tindakan Anarkis Aremania: Ini Olahraga, Hari Ini Menang Besok Bisa Kalah

- 2 Oktober 2022, 17:59 WIB
Zainudin Amali Menpora kecam Aremania yang anarki usai kekalahan Arema FC, hingga menimbulkan kericuhan yang memakan ratusan korban jiwa.
Zainudin Amali Menpora kecam Aremania yang anarki usai kekalahan Arema FC, hingga menimbulkan kericuhan yang memakan ratusan korban jiwa. /Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYATMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengecam tindakan anarki Aremania, yang berimbas pada tewasnya 187 jiwa usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

“Tentu saya sangat prihatin atas kejadian ini, apalagi penyebabnya karena tidak terima tim sepak bola kesayangannya kalah. Tidak boleh seperti itu. Ini olahraga, ini pertandingan yang hari ini bisa menang, besok juga bisa kalah,” ujar dia.

“Seharusnya ini tidak boleh terjadi lagi,” ucap Zainudin Amali kembali, pada wartawan, di Bandung, Minggu, 2 Oktober 2022.

Seperti diketahui, kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022 itu, kata Polda Jawa Timur (Jatim), diawali oleh oknum Aremania yang nekat turun ke lapangan.

 Baca Juga: Bukan Gas Air Mata, Dokter Ungkap Dugaan Penyebab Banyaknya Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

Selain peringatan untuk para suporter, dia juga menyampaikan duka cita mendalam bagi setiap korban meninggal beserta keluarga yang ditinggalkan dalam tragedi berdarah Kanjuruhan ini.

"Saya sekali lagi sangat prihatin dan menyesalkan kejadian itu, apalagi sampai korbannya banyak. Saya berharap ini menjadi pelajaran betul-betul bagi kita, bukan hanya di Kanjuruhan tetapi di berbagai tempat," ujar Zainudin menegaskan.

Menurut dia, kekecewaan terbesar baginya adalah karena kerusuhan ini terjadi setelah Kemenpora mengizinkan hadirnya penonton di stadion. Dia merasa kebijakan itu justru dibalas buruk.

Untuk mencegah kejadian pilu ini berulang, Menpora lantas meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI untuk melakukan investigasi mendalam terkait hal ihwal tragedi tersebut.

Halaman:

Editor: Siti Aisah Nurhalida Musthafa

Sumber: Antara

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x