IPW Desak Kapolri Cabut Sementara Izin Kompetisi yang Digelar PSSI

- 2 Oktober 2022, 10:13 WIB
Logo PSSI, IPW angkat bicara soal kericuhan Arema vs Persebaya, mendesak Kapolri mencabut sementara izin.
Logo PSSI, IPW angkat bicara soal kericuhan Arema vs Persebaya, mendesak Kapolri mencabut sementara izin. /Dok. Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencabut izin penyelenggaraan kompetisi yang dilaksanakan PSSI sebagai bahan evaluasi menyusul tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengatakan Polri perlu menganalisis sistem pengamanan yang dilakukan anggotanya dalam mengendalikan kericuhan di sepak bola.

IPW mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencabut izin penyelenggaraan sementara seluruh kompetisi liga yang dilakukan PSSI sebagai bahan evaluasi,” katanya dalam keterangannya, Minggu 2 September 2022.

Sugeng menegaskan jatuhnya korban tewas di sepak bola nasional ini harus diusut tuntas pihak kepolisian.

Baca Juga: Pertandingan Arema FC vs Persebaya Tewaskan 127 Orang, Netizen Salahkan Polisi yang Tembakkan Gas Air Mata

Jangan sampai, menurut dia, pidana dari jatuhnya suporter di Indonesia menguap begitu saja seperti hilangnya nyawa dua bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Juni 2022 lalu.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi (Joko Widodo) menurutnya harus memberikan perhatian terhadap dunia sepak bola di Indonesia yang sering kali ricuh dan menelan korban jiwa.

“Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule seharusnya malu dan mengundurkan diri dengan adanya peristiwa terburuk di sepak bola nasional,” ucapnya.

Diketahui laga Derbi Jawa Timur pada Sabtu 1 Oktober 222 malam berakhir ricuh. Pertandingan berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan Persebaya.

Halaman:

Editor: Akhmad Jauhari


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x