Akhir Karier Ferdy Sambo di Polri, Jokowi Teken Keppres Pemecatan Sang Eks Kadiv Propam

- 30 September 2022, 20:39 WIB
Eks Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.
Eks Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo. /Instagram/@divpropampolri

PIKIRAN RAKYAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) yang berisi surat pemecatan Ferdy Sambo.

Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Laksamana Muda TNI Hersan mengungkapkan, bahwa surat tersebut sudah ditanda tangani dan dikirim ke Asisten Sumber Daya Manusia (ASDM) Polri.

Ferdy Sambo telah diberhentikan secara tidak hormat berdasarkan sidang etik Polri, akibat kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Melalui sidang Komisi Kode Etik Polri yang digelar pada 25 dan 26 Agustus 2022, Ferdy Sambo sempat mengajukan banding atas pemecatan tersebut, tetapi bandingnya ditolak.

Baca Juga: Beredar Foto Lesti Kejora Lebam di Bagian Wajah dan Rahang, Aty Kodong: Merinding Banget Liat Ini

Berdasarkan pasal 57 Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia, presiden dilibatkan dalam pemberhentian perwira tinggi Polri.

Pemberhentian yang dilakukan oleh jenderal polisi bintang dua ke atas ditetapkan oleh Kapolri, tetapi Kapolri juga harus berkonsultasi kepada Presiden terlebih dahulu.

Kemudian, Polri melakukan proses administrasi terhadap berkas pemecatan Sambo di Divisi SDM Polri dan meneruskannya ke Sesmilpres.

Tidak hanya itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap persidangan yang dilakukan tersebut dapat berjalan dengan cepat.

Baca Juga: Kocak! Terkunci di Kamar Mandi, Penumpang Kereta Api Ini Punya Cara Unik untuk Selamatkan Diri

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x