Hati-Hati Gelombang Tinggi! BMKG Beri Peringatan hingga Lokasi dan Waktu Kejadian

- 18 Agustus 2022, 15:10 WIB
Ilustrasi - Gelombang tinggi.
Ilustrasi - Gelombang tinggi. /Pixabay/4311868

PIKIRAN RAKYAT- Indonesia Negara kepulauan dengan banyaknya lautan di sekelilingnya, memungkinkan sering terjadi bencana seperti tsunami, maupun gelombang tinggi.

Baru-baru ini BMKG merilis peringatan dan prakiraan terjadinya gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut National Hurricane Center, gelombang tinggi sering disebabkan oleh badai karena Angin yang berembus sangat kuat dan biasanya berpusat pada satu lokasi.

Jelas saja hal semacam ini akan memicu lebih banyak risiko bila berada di sekitar badai tersebut.

Baca Juga: Waspada! Hujan Lebat Bakal Guyur Jawa dan Sumatra, Ini Kata BMKG

BMKG atau Badan Meteorologi dan Geofisika telah menyampaikan peringatan dini yang berkaitan dengan potensi gelombang tinggi.

Munculnya gelombang tinggi tersebut diperkirakan akan terjadi di kawasan laut selatan Jawa Barat dan Yogyakarta pada sekitaran tanggal 18-20 Agustus 2022.

Peringatan dini ini kami keluarkan karena tinggi gelombang laut selatan Jabar hingga DIY berpotensi mencapai empat sampai enam meter atau masuk kategori sangat tinggi,” kata kepala kelompok teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Teguh Hardoyo.

Menurut Teguh, dalam waktu 18-20 Agustus 2022, gelombang tinggi berpotensi datang di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, perairan selatan Yogyakarta, Perairan Selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network