Hati-Hati Masuk Penjara! Dilarang Memotret Cuplikan Film di Dalam Bioskop

- 6 Agustus 2022, 13:01 WIB
Ilustrasi menonton film di bioskop.
Ilustrasi menonton film di bioskop. /Pexels/Tima Miroshnichenko

PIKIRAN RAKYAT - Menonton film di bioskop telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Terlebih di perkotaan, menonton film di bioskop sedah menjadi rutinitas di akhir pekan.

Tapi tahukah kalian jika ada aturan yang melarang mengunggah cuplikan adegan film di bioskop ke media sosial? Sayangnya tidak semua orang tahu bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran hukum.

Merekam saat menonton film di bioskop adalah bentuk pelanggaran hukum. Meski sifatnya hanya untuk diunggah ke stories di Instagram. Tahukah kalian ada aturan yang menganjurkan kita untuk mematikan handphone dan mengambil gambar dalam bentuk apapun sebelum film ditayangkan?

Aturan tersebut berisi bahwa segala bentuk pengambilan gambar secara ilegal, apalagi untuk disebarluaskan setelahnya, merupakan pelanggaran hukum karena termasuk dalam tindak pembajakan.

Baca Juga: Rahasia Perempuan Panjang Umur Kata Ridwan Kamil: Kurangi Banyak Pesimis

Dilansir dari Tribatanews, aturan tersebut juga diatur dalam perundang-undangan. Seperti pada pasal 32 ayat (1) UU ITE yang berbunyi: “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik milik orang lain atau milik publik".

"Atas tindakan pelanggaran terhadap pasal 32 ayat (1) ini, ancaman pidananya diatur dalam pasal 48 ayat (1) UU ITE yang berbunyi “Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).”

Pasal 1 Ayat (32) UU Hak Cipta berbunyi: “Pembajakan adalah penggandaan Ciptaan dan/atau produk Hak Terkait secara tidak sah dan pendistribusian barang hasil penggandaan dimaksud secara luas untuk memperoleh keuntungan ekonomi.”

Baca Juga: Harga Tiket Pengabdi Setan 2 Communion Naik, Cek di Sini Lengkap dengan Jadwal Tayang Bioskop di Bandung

Halaman:

Editor: Elfrida Chania S


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network