Kominfo Akan Hapus Sinyal 3G tapi 2G Masih Dipertahankan, Ini Alasannya

- 6 Agustus 2022, 09:40 WIB
Ilustrasi. Menkominfo akan hapus sinyal 3G secara perlahan.
Ilustrasi. Menkominfo akan hapus sinyal 3G secara perlahan. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, jaringan 3G akan dihapus secara perlahan.

Menurutnya, 4G akan menjadi tulang punggung jaringan telekomunikasi Indonesia.

"Soal (penghapusan) 3G, kita sudah menetapkan pembangunan jaringan telekomunikasi kita nanti yang menjadi tulang punggung adalah 4G," kata Menteri Johnny dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada 6 Agustus 2022.

Dia menjelaskan alasan 4G menjadi jaringan utama di Indonesia. Menurutnya, kapasitas dari 4G lebih besar bila dibandingkan dengan 3G.

Baca Juga: Tangis Pilu Adik Bocah di Ciamis yang Tewas Gegara HP Meledak, Jeritan Minta Tolongnya Tak Dipahami Sang Nenek

Meski begitu, jaringan di bawahnya yakni 2G, justru masih dipertahankan.

"Mengingat bahwa masyarakat masih membutuhkan 2G yang berkaitan dengan komunikasi suara, maka kita masih pertahankan untuk masyarakat yang ponselnya masih support kebutuhan 2G," ujarnya.

"Sedangkan 3G, karena kita sudah bangun 4G yang lebih cepat dan besar kapasitasnya dari 3G, maka 3G perlahan-lahan akan kami face out, sehingga tulang punggungnya menjadi 4G," ujarnya menambahkan.

Sejauh ini, baru ada 2 operator seluler yang berencana menghapuskan jaringan 3G dari layanannya, yakni Telkomsel dan XL.

Telkomsel secara bertahap akan melakukan upgrade layanan 3G ke 4G/LTE di 504 kota dan kabupaten di Indonesia mulai Maret 2022. Proses ini akan membuat sejumlah kota dan kabupaten tidak lagi mendapat jaringan 3G Telkomsel.

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu

Sumber: Antara

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network