Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan Tampilkan Nuansa Indonesia, Intip Spesifikasinya

- 5 Agustus 2022, 22:00 WIB
Nantinya desain akan menunjukkan kelokalan Indonesia, terlihat dalam beragam motif yang menempel di badan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Nantinya desain akan menunjukkan kelokalan Indonesia, terlihat dalam beragam motif yang menempel di badan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. /Pixabay/PeterW1950

PIKIRAN RAKYAT - China telah menyatakan siap untuk mengirimkan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ke Indonesia, sebagaimana diungkap dalam acara peluncuran rangkaian Kereta Cepat listrik (EMU) di Beijing pada Jumat, 5 Agustus 2022.

KCJB telah menjadi proyek penting yang digarap pihak PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), sejak memulai pembangunan dari beberapa tahun lalu.

Diketahui, China mengirimkan EMU untuk proyek KCJB sebagai hasil produksi CRRC Qingdao Sifang Co Ltd yang menampilkan nuansa kelokalan Indonesia dalam rangkaian gerbongnya.

Baca Juga: Cacar Monyet Makin Merebak, WHO Minta Kelompok Gay Batasi Pasangan Seksual

Lebih jauhnya, rangkaian Kereta Cepat ini berasal dari generasi Fuxing China yang dirancang dengan menyesuaikan kondisi iklim dan geologis di Pulau Jawa.

"Kereta tersebut memang dirancang dengan menyesuaikan kondisi iklim dan geologis Pulau Jawa," kata Wakil Duta Besar RI di Beijing Dino R Kusnadi dalam pernyataan terbarunya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara News.

Untuk desain yang menunjukkan kelokalan Indonesia, terlihat dalam beragam motif yang menempel di badan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, seperti komodo, batik, dan Candi Borobudur.

Baca Juga: Uji Ulang Kondisi Istri Ferdy, Komnas HAM Usul Penyidik Datangkan Psikolog Independen

Dalam penampilan keseluruhan, KCJB mengusung warna merah dan abu-abu yang menjadi ciri dari Kereta Cepat generasi Fuxing China.

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network