Uji Ulang Kondisi Istri Ferdy, Komnas HAM Usul Penyidik Datangkan Psikolog Independen

- 5 Agustus 2022, 21:51 WIB
Ilustrasi kondisi psikologis. Taufan mengatakan kalau memang Putri Candrwathi mengalami PTSD maka hak-haknya harus dihormati, bahkan Komnas HAM usul adanya psikolog.
Ilustrasi kondisi psikologis. Taufan mengatakan kalau memang Putri Candrwathi mengalami PTSD maka hak-haknya harus dihormati, bahkan Komnas HAM usul adanya psikolog. /Pixabay/Anemone123

PIKIRAN RAKYAT - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) belum yakin terkait dugaan pelecehan seksual di balik kematian Brigadir J.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan pihaknya belum menemukan saksi terkait dugaan pelecehan seksual.

Meski begitu, Komnas HAM tetap berpegang teguh terhadap standar hak asasi internasional yang juga dituangkan ke dalam sistem di Indonesia.

Baca Juga: Arteta Janjikan Membuat Peran Gabriel Jesus Berbeda di Arsenal Musim Ini

Bahwa setiap orang yang mengaku telah mengalami pelecehan seksual meski belum tahu kebenarannya atau tidak, maka dia harus diperlakukan selayaknya korban.

Hanya saja, Komnas HAM kata dia bisa mengusulkan agar penyidik bisa mendatangkan ahli psikologi independen untuk menguji apakah istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi benar mengalami Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Pasalnya, Taufan menyebutkan kasus ini sudah berjalan lebih dari tiga minggu.

“Kita bisa mengusulkan, sebetulnya penyidik sudah bisa mendatangkan tim psikologi independen untuk menguji ulang apa benar dia mengalami PTSD,” katanya dalam diskusi virtual, Jumat 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Resep Bubur Mutiara Merah Putih, Cocok Disajikan Saat HUT ke-77 Republik Indonesia

Taufan mengatakan kalau memang Putri Candrwathi mengalami PTSD maka hak-haknya harus dihormati.

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Cerdik Indonesia

Doa Ketika Susah Tidur

16 Agustus 2022, 01:48 WIB