Indonesia Dapat Kereta dari China untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung, Begini Spesifikasi Gerbongnya

- 5 Agustus 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi kereta cepat yang dikirim China ke Indonesia.
Ilustrasi kereta cepat yang dikirim China ke Indonesia. /Pixabay/PeterW1950

PIKIRAN RAKYAT – Pembangunan kereta cepat dengan rute Jakarta-Bandung (KCJB) memang menjadi salah satu proyek yang diperhatikan oleh Pemerintah Indonesia.

Untuk memperlancar proses pembangunan tersebut, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)  pun menjelaskan bahwa pihaknya akan mendapatkan rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta tersebut dari China.

Lebih lanjut, pihak PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengatakan jika rangkaian kereta tersebut akan segera dikirimkan dari China ke Indonesia mulai hari ini, Jumat, 5 Agustus 2022.

Hal ini merupakan bukti kerjasama dari dua pemimpin, yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Xi.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam seremoni kegiatan "Penyelesaian Manufaktur dan Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB)" yang disiarkan secara online.

Baca Juga: Viral Mayang Pamer Bakat Terpendam, Netizen: Cuma Salah Bapak

"Pengiriman perdana EMU dan CIT ini akan menandai sejarah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri," ujarnya.

Diketahui, kereta cepat yang dikirimkan oleh China ke Indonesia itu merupakan produksi CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China.

Sebelum dikirimkan ke Indonesia, sejumlah kereta asal China itu tentu sudah melalui sejumlah tes kelayakan, baik static test maupun dynamic test.

Dalam kesempatan tersebut, Dwiyana Slamet pun kembali menjelaskan soal program pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB ini telah mencapai 85 persen.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network