Peringati Haul ke-52 Presiden Soekarno, Ribuan Warga Salawatan Bareng di Benteng Vastenburg

- 25 Juni 2022, 21:20 WIB
Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf dan Gus Karim, Jumat (24/6/2022) malam.
Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf dan Gus Karim, Jumat (24/6/2022) malam. /dok. Humas Pemprov Jateng


PIKIRAN RAKYAT
- Benteng Vastenburg yang hari-hari biasa sunyi mendadak ramai, Jumat, 24 Juni 2022 malam. Gemerlap lampu dan alunan doa serta salawat menggema dengan syahdu dari tempat itu.

Ribuan orang berkumpul jadi satu. Tua muda bahkan anak-anak duduk lesehan beralaskan plastik dan koran. Mereka dengan khusyuk mengikuti Tahlilan Bung Karno. Sebuah acara yang digelar khusus untuk memperingati Haul ke-52 presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Acara diawali dengan tahlilan dan doa bersama yang dipimpin KH Abdul Karim atau yang akrab disapa Gus Karim, guru mengaji Presiden Joko widodo sekaligus pengasuh pondok pesantren Al-Qur'aniy Az-Zayadiyy Laweyan Solo. Setelah itu, ribuan massa bersalawat bersama yang dipimpin oleh Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf.

"Sudah lama sekali menanti acara semacam ini, alhamdulillah malam ini bisa kembali salawatan. Ini spesial, karena tidak hanya salawatan, namun juga kita hadir untuk mendoakan sekaligus mengenang jasa-jasa Bung Karno, sang proklamator bangsa yang sudah meninggalkan kita," kata Ajeng,29, salah satu peserta.

Jasa Soekarno menurut Ajeng sangatlah besar. Meski ia lahir saat Soekarno sudah wafat, namun jasa-jasa Soekarno begitu dirasakannya.

Baca Juga: Lagu Grup Band Bian Gindas Tembus 7 Negara, Video Klipnya Sudah Ditonton Ratusan Ribu Viewers

"Berkat jasa-jasa beliau dan para pahlawan bangsa, Indonesia menjadi negara merdeka yang kita nikmati sampai saat ini. Sebagai generasi penerus bangsa, kita tidak boleh sampai melupakan jasa mereka," jelasnya.

Hal senada disampaikan Supriyadi,42, Syechermania asal Demak. Ia yang mendengar ada acara tahlilan dan salawatan Bung Karno langsung datang ke Solo untuk mengikuti.

"Saya dengar dari saudara-saudara di Solo, bahwa ada haul Bung Karno. Ya saya datang untuk ikut mendoakan sekaligus mengenang jasa-jasa beliau. Sang proklamator, pahlawan bangsa yang jasanya tak terkira. Beliau adalah bapak pendiri bangsa," ucapnya.

Di sela-sela salawat, Habib Syech mengatakan bahwa acara salawatan ini digelar untuk memperingati kebesaran dan perjuangan Soekarno. Ia berpesan agar semua generasi bangsa meneladani perjuangan Soekarno dan para pahlawan Indonesia.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network