Jelang Idul Adha, Kemenag Akan Atur Ketentuan Hewan Kurban di Masa PMK

- 23 Juni 2022, 20:10 WIB
Ilustrasi hewan ternak sapi.
Ilustrasi hewan ternak sapi. /Unsplash/Alwi Hafizh A.

PIKIRAN RAKYAT - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masih menjadi ancaman menjelang Hari Raya Idul Adha.

Terkait hal itu, Kementerian Agama (Kemenag) berencana mengatur ketentuan hewan ternak untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Menurut Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, ketentuan itu akan diatur Kemenag mengingat wabah PMK hingga saat ini masih menghantui tanah air.

Yaqut menerangkan bahwa kebutuhan hewan ternak, terutama sapi dan kambing akan meningkat menjelang Idul Adha dan tiga hari tasyrik.

Baca Juga: Berkaca pada Penanganan Pandemi Covid-19, Berikut Upaya Pemerintah Tangani PMK Hewan Ternak

"Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait bagaimana kurban hewan-hewan ternak dalam masa pandemi PMK ini,” ujar Yaqut usai mengikuti rapat perkembangan dan penanganan kasus PMK di Istana Bogor, Kamis 23 Juni 2022, dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet RI.

Selain itu, Menag Yaqut juga menyebut bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan organisasi masyarakat (ormas) Islam di seluruh Indonesia.

Upaya itu dilakukan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan kurban saat wabah PMK menghantui. Sosialisasi ini akan dilakukan dalam dua hari ke depan.

“Dalam satu-dua hari ini kita akan segera koordinasikan dengan ormas-ormas Islam agar bisa disampaikan kepada masyarakat, kepada publik, apa hukumnya kurban dan bagaimana kurban dalam situasi seperti sekarang di mana wabah PMK ini sedang menjangkiti Indonesia," ujar Yaqut menjelaskan.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network