22 Nama Jalan di Jakarta Diganti, Dukcapil Buka Layanan Ubah Data KTP Warga Ibu Kota

- 23 Juni 2022, 16:50 WIB
Jalan Mpok Nori yang menjadi salah satu nama jalan baru di Jakarta
Jalan Mpok Nori yang menjadi salah satu nama jalan baru di Jakarta /Antara/Yogi Rachman

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 22 nama jalan di DKI Jakarta telah mengalami perubahan karena keputusan Gubernur Anies Baswedan saat perayaan HUT ke-495 di Ibu Kota.

Untuk menanggapi perubahan nama jalan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta membuka layanan ubah data pada dokumen kependudukan masing-masing warga Ibu Kota.

Menurut Dukcapil DKI Jakarta, proses layanan ubah data pada dokumen kependudukan akan tersedia di tiap kelurahan di Ibu Kota selama satu minggu ke depan.

"Untuk proses pembukaan layanan akan di mulai satu minggu ke depan di loket- loket layanan Dukcapil tiap kelurahan di DKI Jakarta," kata Kepala Dukcapil DKI Budi Awaluddin dalam pernyataan resmi, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara News.

Baca Juga: Instagram, Netflix, hingga Google Terancam Diblokir, Kominfo Beri Penjelasan

Diketahui, perubahan nama jalan dalam alamat akan berdampak pada alamat yang tertera di kolom Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dengan proses ubah data terkait nama jalan itu, Dukcapil DKI Jakarta juga meminta setiap warga Ibu Kota untuk memperbaharui data lain, seperti golongan darah atau gelar.

Diharapkan ubah data dalam dokumen kependudukan, juga akan bertahap melakukan pergantian dokumen penting lainnya.

Baca Juga: Selain One Punch Man, Berikut Rekomendasi 8 Anime Bertema Superhero

Selain itu, Budi Awaluddin selaku Kepala Dukcapil DKI Jakarta, juga memperingatkan soal tindakan tegas yang diberlakukan pada petugas yang masih memungut biaya selama proses ubah data kependudukan itu.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network