Jokowi: Sekarang Adalah Abad Asia untuk Dunia

- 28 Mei 2022, 07:35 WIB
Ilustrasi Benua Asia.
Ilustrasi Benua Asia. /Pixabay/jossuetrejo_oficial

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa saat ini merupakan abad Asia atau abad bagi negara-negara di Asia untuk menunjukkan eksistensi sekaligus kontribusinya.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara The Future of Asia Conference pada Jumat, 27 Mei 2022 malam. 

Dalam keterangannya itu, Jokowi juga meyakini bahwa kontribusi dari negara-negara Asia bukan lagi hanya untuk wilayah atau benuanya sendiri, melainkan juga untuk dunia.

"Kita meyakini bahwa abad sekarang ini adalah abad Asia. Asia bukan hanya untuk Asia, tapi Asia untuk dunia, apalagi di tengah dunia yang sedang terbelah," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Polisi Swiss Beberkan Hilangnya Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare: Adik dan Temannya Diselamatkan Perenang Lain

Menurut Jokowi, Kawasan Asia mesti terus berperan sebagai katalisator dan mesin bagi stabilitas, perdamaian, serta kemakmuran global.

Selain itu, dia menilai masih banyak tantangan global yang juga harus dihadapi, seperti upaya pemulihan ekonomi akibat Covid-19 masih belum merata dan ancaman varian baru Covid-19 yang juga harus diantisipasi.

"Semua ini semakin diperparah kembali oleh terjadinya konflik Rusia-Ukraina yang membawa babak baru dalam konstelasi geopolitis," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut bahwa politik global mengalami peningkatan ketegangan, lalu rantai pasok perdagangan dunia terganggu, terjadi kelangkaan, kenaikan harga barang, hingga kemunduran ekonomi global yang tidak dapat terhindarkan.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: Antara

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x