May Day, 50 Ribu Buruh 'Kepung' Gedung DPR dan Stadion Gelora Bung Karno Besok

- 13 Mei 2022, 13:39 WIB
Ilustrasi - Buruh dan Mahasiswa Geruduk Balai Kota DKI Jakarta.
Ilustrasi - Buruh dan Mahasiswa Geruduk Balai Kota DKI Jakarta. /Antara/Aprillio Akbar

PIKIRAN RAKYAT - Partai Buruh bersama dengan Gerakan Buruh Indonesia dari berbagai elemen akan memeringati hari buruh atau May Day pada 14 Mei 2022.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan, aksi demonstrasi besar-besaran tersebut akan diikuit oleh lebih dari 50 ribu buruh dari berbagai elemen.

Dikatakan Iqbal sejatinya ada 100 ribu buruh yang akan menghadiri aksi tersebut namun dikurangi dengan pertimbangan masih situasi pademi Covid-19.

"Mengapa peserta menjadi lebih dari 50 ribu buruh karena setelah diskusi dengan Satgas Covid-18 untuk menjalankan prokes rencananya dihadiri 100 ribu dikurangi 50 persen," kata Iqbal saat konfrensi pers melalui siaran live streaming di YouTube Bicaralah Buruh pada Jumat, 13 Mei 2022.

Iqbal mengatakan, ribuan buruh nantinya akan memulai aksi di dua lokasi berbeda. Agenda pertama dilakukan sekira pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Belum Beroperasi, Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Berkontribusi pada Fiskal Negara

Kemudian kata dia massa akan bergerak ke agenda kedua bertajuk 'May Day Fiesta' di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) sejak pukul 13.30 hingga 17.00 WIB.

"Acara May Day Fiesta GBK akan diisi oleh orasi dari Gerakan Buruh Indonesia yang terdiri dari 4 konfederasi serikat buruh, satu serikat petani Indonesia dan 60 federasi serikat buruh di tingkat nasional," ucapnya.

"Beserta elemen gerakan lainnya seperti Forum Buruh Honor, Urban Poor Consortium, Jala PRT, Buruh Migran, Serikat Nelayan, Forum Buruh Honorer, dan aktivis organisasi perempuan," kata Iqbal menambahkan.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network