Presiden Pernah Didemo Buruh, KSP Sebut Bukti Kepedulian Jokowi Terkait Jaminan Untuk Buruh

- 12 Mei 2022, 18:46 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /YouTube Sekretariat Presiden

PIKIRAN RAKYAT - Deputi II Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Abednego Tarigan berbicara tentang hal yang menurutnya menjadi bukti kepedulian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap kalangan pekerja, termasuk buruh, terlepas dari demo buruh yang dilakukan pada April 2022.

Pada April 2022, dengan waktu yang bersamaan dengan demo mahasiswa, buruh juga melakukan unjuk rasa dan memberikan sejumlah tuntutan kepada Jokowi.

Namun, Abednego Tarigan menyebutkan jika Jokowi memberikan komitmen terkait jaminan sosial untuk para pekerja dan buruh.

Hal tersebut berkaitan dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 2/2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Instruksi Presiden Nomor 1/2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Baca Juga: Zhania, Wanita yang Dituduh Selingkuhan Lukman Azhari Bongkar Kejahatan Medina Zein pada Keluarganya

"Adanya dua Inpres ini membuktikan Bapak Presiden peduli terhadap jaminan sosial pekerja. Pemerintah saat ini terus mendorong percepatan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan agar para pekerja dan buruh beserta keluarganya bisa menikmati manfaat program tersebut," kata Abednego Tarigan dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Disebutkan Abednego, fokus pemerintah saat ini yaitu untuk memperhatikan kaum buruh melalui jaminan tersebut.

Baca Juga: Diduga Terjadi Penyelendupan Bahan Baku Minyak Goreng Selama Lebaran, Indonesia Rugi Banyak

"Saat ini pemerintah fokus untuk memacu jumlah kepesertaan, terutama bagi para pekerja rentan dan non-ASN. Jaminan sosial tenaga kerja untuk menghindari ahli waris pekerja terjerumus ke dalam kemiskinan," ujar Abednego.

Halaman:

Editor: Christina Kasih Nugrahaeni

Sumber: Antara

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network