Kereta Cepat Masuk Tahap Pemasangan Rel Ditargetkan Rampung Januari 2023

- 10 Mei 2022, 06:20 WIB
Pemasangan rel kereta cepat, yang akan rampung 2023.
Pemasangan rel kereta cepat, yang akan rampung 2023. /Pikiran Rakyat/Novianti Nurulliah

PIKIRAN RAKYAT - Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sudah memasuki tahapan pemasangan rel. Instalasi perdana rel KCJB dilakukan pada 20 April 2022 dan disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Proses tersebut ditargetkan akan rampung di akhir Januari 2023

Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan, dalam pemasangan rel KCJB, banyak teknologi mutakhir dan baru digunakan di Indonesia.

Hal ini mengingat KCJB merupakan kereta cepat pertama yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara. Karena yang pertama, banyak teknologi baru yang diterapkan di Indonesia.

Dalam proses pemasangan rel KCJB, digunakan sejumlah alat berat. Alat berat itu terdiri dari CPG500 Ballast Track Laying Machine, WZ 500-ty ballastless track laying hauling vehicle, SPZ-100 Ballast Deformating Vehicle, DC-32K Tamping Vehicle, K922 Movable Flash Welder, GMC 48JS Rail Grinding Car, dan GC-220 Rail Car.

Baca Juga: Stasiun Kereta Cepat di Padalarang padahal Mau ke Bandung, Pengamat Soal Alasannya: Tanya Pak Luhut Pandjaitan

"Masing-masing alat ini memiliki perannya masing-masing mulai dari membawa rel, sleeper dan berperan melakukan pemasangan rel," kuar Dwiyana, Senin (9/5/2022).

Rel yang dipasang pada proyek KCJB adalah rel 50 meter yang sudah tersambung hingga sepanjang 500 meter.

Rel-rel yang tersambung itu nantinya diletakkan pada bantalan rel oleh mesin CPG 500 Ballast Track Laying Machine yang merupakan mesin peletak rel.

CPG 500 Ballast Track Laying ini berfungsi mengatur dan meletakkan rel dan bantalan rel kereta api berkecepatan tinggi, satu demi satu.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network