Sejarah Hari Lingkungan Hidup, Momentum Tingkatkan Kesadaran Manusia untuk Peduli Alam Sekitar

- 5 Juni 2020, 14:08 WIB
HUTAN mangrove di Karangsong Indramayu/GELAR GANDARASA/PR
HUTAN mangrove di Karangsong Indramayu/GELAR GANDARASA/PR /Gelar Gandarasa

PIKIRAN RAKYATHari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day jatuh pada tanggal 5 Juni sebagai pengingat umat manusia di seluruh penjuru bumi untuk dapat lebih peduli dengan alam. 

Dalam sejarahnya, penetapan hari lingkungan hidup sedunia dilakukan oleh Majelis Umum PBB pada 1972. Saat itu, penetapan ini juga dilakukan untuk menandai dibukanya konferensi tentang lingkungan hidup manusia yang digelar PBB.

Konferensi itu sendiri berlangsung pada 5 Juni sampai 16 Juni 1972 di Stockholm, Swedia. Sejak saat itu, setiap tahunnya, 5 Juni diperingati sebagai hari lingkungan hidup sedunia.

Baca Juga: PSBB Bogor Diperpanjang Sebulan, Wakil Wali Kota: Kita Butuh Masa Transisi

Hari lingkungan hidup sedunia dirayakan untuk mengingatkan manusia bisa lebih menghargai semesta dan planet yang ditinggalinya, tidak merusak, mencemari, dan mengeksploitasi berlebihan. 

Beragam bentuk peringatan dilakukan di hari lingkungan hidup sedunia. Salah satunya di Nepal dengan mengerahkan para pelajar untuk melakukan penghijauan di tempat masing-masing.

Sementara di India, hari lingkungan hidup sedunia pada 2013 diwarnai dengan diciptakannya lagu 'Earth Anthem' oleh Abhay Kumar yang merupakan seorang penyair.

Baca Juga: Jemaah Salat Jumat di Pusdai Bandung Hanya Seperempat Kapasitas Masjid

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Jurnalgarut.com dengan judul "Hari Lingkungan Hidup Sedunia Hari Ini 5 Juni 2020, Simak Sejarah dan Penjelasannya"

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Jurnal Garut


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X