Soal TKA Tiongkok yang Mengamuk di Bandara, Imigrasi Jember: Haknya Belum Terpenuhi Pihak Perusahaan

- 3 Juni 2020, 09:06 WIB
Ilustrasi Pekerja China / TKA Tiongkok /

PIKIRAN RAKYAT - Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Jember, Kartana SH, pada wartawan di kantornya, menjelaskan terkait adanya seorang Tenaga Kerja Asing (TKA), Cui asal Tiongkok yang sebelumnya mengamuk di Bandara Banyuwangi karena menolak dipulangkan ke negaranya. 

TKA tersebut diketahui merupakan salah satu pekerja di PT. Sinoma yang berada di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur. 

Cui semestinya sudah dijadwalkan pulang bersama 146 rekan lainnya pada Senin, 25 Mei 2020 lalu dengan maskapai Batik  Air charter flight repartriasi WNA dengan nomer flight ID 8591 tujuan Banyuwangi-Jakarta menuju Guangzhou, Tiongkok. 

Baca Juga: Solidaritas Sesama Kulit Hitam, Legenda Tinju Floyd Mayweather Bakal Biayai Pemakaman George Floyd

Lebih jauh Kartana menjelaskan, semula yang akan dipulangkan sejumlah 140 orang. Namun hanya 3 orang yang rapid testnya belum diketahui hasilnya. Sehingga tidak diberangkatkan dan yang diberangkatkan ke Banyuwangi ada 147 TKA tetapi pada saat akan naik pesawat satu orang menolak berangkat.

“Menurut pengakuan TKA Tiongkok, Cui Changqing, hak-haknya belum terpenuhi oleh pihak perusahaan sehingga menolak untuk berangkat,” terangnya.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Kabarbesuki.com dengan judul "Imigrasi Jember Amankan TKA China yang Mengamuk di Bandara Banyuwangi"

Baca Juga: 18.708 Kendaraan Diberhentikan dan Putar Balik di 20 Titik Penyekatan Pemeriksaan SIKM

Setelah dimintai keterangan di Kantor Imigrasi Jember saat ini sudah ada kesepakatan dengan pihak perusahaan.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Kabar Besuki


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X