Ibadah Haji 2020 Dibatalkan, Pemerintah Indonesia Mengaku Cukup Pahit dan Sulit

- 2 Juni 2020, 11:10 WIB
ILUSTRASI Ka'bah di Mekkah, tujuan ibadah haji dan umrah.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Secara resmi, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama membatalkan ibadah haji 2020. Keputusan dibatalkannya ibadah haji 2020 ini disampaikan pada Selasa 2 Juni 2020.

Menteri Agama Fachrul Razi membeberkan alasan di balik keputusan untuk membatalkan ibadah haji 2020 lantaran perkembangan pandemi virus corona yang masih belum mereda.

"Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020/1441 Hijriah," kata Menag dalam konferensi pers mengenai penyampaian keputusan pemerintah terkait penyelenggaran ibadah haji 2020/1441 Hijriah di Jakarta, Selasa 2 Juni 2020.

Baca Juga: Ikuti Jejak Meghan Markle, Kate Middleton Dikabarkan akan Dobrak Tradisi Lawas Kerajaan Inggris

Keputusan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah haji tersebut telah tertuang berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 494/2020.

Adapun sesuai dengan amanat Undang-undang bahwa selain persyaratan ekonomi dan fisik, pelaksanaan ibadah haji juga harus mengutamakan kesehatan serta keselamatan jemaah haji.

"Ini sungguh keputusan yang cukup pahit dan sulit di satu sisi kita sudah menyiapkan berbagai upaya dan usaha tapi di sisi lain kita memikul tanggung jawab untuk memberi perlindungan kepada jamaah haji ini merupakan tanggung jawab negara kren terkait risiko keselamatan," katanya.

Baca Juga: Ditangkap KPK, Dua Orang Terdekat Mantan Sekretaris MA Nurhadi Juga Turut Diamankan

Seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Kementerian Agama telah melakukan kajian yang sangat mendalam oleh tim yang dibentuk Kementerian Agama.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X