Tri Rismaharini Puji Warga Surabaya Mampu Amalkan Nilai Pancasila saat Pandemi COVID-19

- 31 Mei 2020, 17:26 WIB
TRI Rismaharini menghadiri perayaan Hari Jadi Kota Surabaya.* /Instagram @trirismaharini

PIKIRAN RAKYAT - Di saat Pandemi COVID-19, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memuji warganya yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Tri Rismaharini bersyukur warga di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di masa pandemi virus corona jenis baru atau COVID-19.

Baca Juga: 404 Menit Akhiri Karier Eka Ramdani Bersama Persib Bandung di Musim 2018

Hal ini, lanjut dia, sesuai dengan larangan melaksanakan ibadah di tempat ibadah selama pandemi COVID-19 yang diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona.

"Sebagaimana diamanat sila pertama Pancasila telah diamalkan seluruh warga Kota
Surabaya dengan tetap beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa di rumah masing–masing," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menyampaikan sambutannya pada momen HUT ke-727 Surabaya secara daring di Balai Kota Surabaya, Minggu.

loading...

Selanjutnya pada sila kedua, Risma mengaku melihat terus menerus warga kota aktif dan mandiri secara individu ataupun dalam komunitas melakukan beragam kegiatan kemanusiaan, menolong satu sama lain walaupun tidak ada imbauan atau edaran dari Pemerintah Kota Surabaya.

Cobaan pandemi, kata Risma, melahirkan semangat meningkatkan kembali rasa persaudaraan antarsesama warga Kota Surabaya dengan kecerdasan intelektual yang dilandasi jiwa kemanusiaan yang tinggi dan tidak mengucilkan atau memusuhi penderita, namun bahkan mendampingi para penderita dengan semangat dan perhatian.

Baca Juga: Kapten Persib Supardi Nasir Menanti Kabar Baik soal Kelanjutan Liga 1 2020

"Ini membuktikan bahwa warga Surabaya sangat toleran dalam semangat kebersamaan sebagaimana dicontohkan para pejuang yang telah berjuang tanpa rasa takut dan tanpa menghitung akan dapat apa. Kondisi inilah yang membuat kondisi di Kota Surabaya relatif lebih tenang dan kondusif," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizki Laelani

Sumber: Antara News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X