Antisipasi Ada Penyebaran di Era New Normal, PT KCI Buat Kebijakan untuk Para Penumpang KRL

- 29 Mei 2020, 15:28 WIB
KRL Commuter Line //Antara

PIKIRAN RAKYAT - Vice President Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anna Purba mengatakan menjelang diberlakukannya program new normal kini pihaknya tengah menyiapkan sejumlah prosedur bagi karyawan maupun pengguna kereta rel listrik (KRL). 

Salah satunya yakni penumpang dilarang berbicara langsung maupun lewat telepon selama melakukan perjalanan di dalam kereta, karena salah satu penularan COVID-19 yaitu melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran mulut dan hidung saat batuk, bersin, maupun berbicara. 

Protokol kesehatan pada moda transportasi publik yang sudah berjalan pun akan tetap diterapkan, seperti menggunakan masker selama berada di area stasiun dan di dalam KRL

Baca Juga: Indonesia Dorong Akses Vaksin untuk Semua Negara Terdampak Pandemi Covid-19

Kemudian harus ada pemeriksaan suhu tubuh penumpang, dan penerapan “physical distancing” atau jaga jarak sesuai dengan marka-marka yang ada di area stasiun dan di kereta.

“Untuk semakin memungkinkan kondisi jaga jarak ini, pada waktu-waktu tertentu saat padat pengguna, akan ada penyekatan di sejumlah titik stasiun sehingga jumlah orang yang berada di peron dan di dalam kereta dapat terkendali. Bila diperlukan, petugas juga melakukan buka tutup pintu masuk stasiun,” kata Anne.

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona yang mematikan itu, PT KCI juga sudah menyediakan fasilitas wastafel tambahan selain yang telah ada di toilet.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiranrakyat-cirebon.com dengan judul "Jelang Pemberlakuan New Normal, Penumpang KRL Dilarang Berbicara dan Telepon selama Perjalanan"

 Baca Juga: Penutupan Pelayanan Satpas SIM, STNK, dan BPKB Kembali Diperpanjang hingga 29 Juni 2020

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X