RO Sejumlah Provinsi di Indonesia di Bawah 1, Jokowi Yakin Kurva Penularan COVID-19 akan Terus Turun

- 26 Mei 2020, 11:48 WIB
PRESIDEN Joko Widodo saat meninjau pendisplinan protokol kesehatan dan PSBB di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa 26 Mei 2020.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kabar baik untuk penularan COVID-19 di Indonesia. Pasalnya kemampuan penularan COVID-19 yang diukur dari Reproduction Number (RO) di beberapa provinsi di Indonesia telah menurun ke bawah 1.

Presiden Jokowi mengharapkan tingkat penyebaran COVID-19 terus menurun di Tanah Air, dengan upaya mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan seperti yang diatur dalam pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca Juga: Nilai-nilai Religi pada Pengajaran Teknologi Informatika Diterapkan di Kampus Aptikom

Dengan R0 di bawah 1, maka dapat diartikan tingkat penularan virus atau bakteri cukup rendah. Namun jika R0 di atas 1, maka berarti tingkat penularan masih kategori tinggi.

Misalnya jika R0=2, maka berarti satu orang yang terpapar COVID-19 berpotensi menularkan virus ke dua orang sehat lainnya.

Baca Juga: Jawab Tudingan Barat, Ahli Virologi Tiongkok Ungkap Jenis Kelelawar Ini Jadi Inang COVID-19

"Kita melihat bahwa R0 dari beberapa provinsi sudah di bawah 1. Dan, kita harapkan semakin hari akan semakin turun dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan secara masif," kata Presiden saat meninjau pendisplinan protokol kesehatan dan PSBB di Stasiun MRT Bundara Hotel Indonesia, Jakarta.

Pada Selasa 26 Mei ini, Presiden akan mengerahkan TNI dan Polri secara lebih masif untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Bukan Hanya Jakarta, Jawa Tengah juga Persiapkan New Normal dan Berikut Instruksi Ganjar Pranowo

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X