Flu Burung dan COVID-19 Ada Kesamaan, Peneliti Genomik Indonesia: Selang Beberapa Bulan Mulai Beres

- 25 Mei 2020, 10:53 WIB
ILUSTRASI virus //pexels/Anna Shvets

 

PIKIRAN RAKYAT - Sebelum dihebohkan oleh virus corona baru atau COVID-19 terdapat pandemi lain yang pernah menjangkit sebelumnya dan menyebabkan korban meninggal dunia.

Pandemi sendiri merupakan virus yang menyebar dengan cakupan geografis luas hingga antar negara seperti COVID-19 saat ini.

Salah satu virus lain yang sempat ditangani oleh sejumlah negara di seluruh dunia dan mengalami puncaknya tahun 2006 yaitu Virus Avian Influenza A Asia yang dinilai sangat patogen.

Baca Juga: Heboh FBI Tangkap Bill Gates karena Ciptakan Virus Corona, Foto Asli Beberkan Faktanya

Virus tersebut cukup terkenal dengan sebutan flu burung dan pernah menjangkit peternakan itik di Tiongkok pada tahun 2009-2010 sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman CDC.

loading...

Meskipun memiliki jenis yang berbeda namun keduanya sama-sama pandemi yang masih harus ditangani oleh para ahli.

Pernyataan tersebut disampaikan pula oleh Peneliti Genomik dengan Spesialisasi Penanganan Wabah Skala Kecil dan Skala Pandemik (Genomic Epidemiology), Dr. Dhany Saputra yang diwawancara Pikiran-Rakyat.com pada Minggu, 24 Mei 2020.

Baca Juga: Harganya Mencapai Puluhan Juta, AGV Jual Helm Valentino Rossi tahun 2003 Edisi Terbatas

Tapi menurutnya, flu burung atau H5N1 hanya menyerang dalam waktu beberapa bulan atau lumayan sebentar dibandingkan virus corona saat ini.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah

Sumber: CDC


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X