Senin, 1 Juni 2020

Belum Nihil Kasus Covid-19, DI Yogyakarta Gelar Salat Idul Fitri di Ratusan Titik

- 24 Mei 2020, 06:49 WIB
ILUSTRASI COVID-19.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT – Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan kalangan warga di wilayah setempat tetap menyelenggarakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah berjemaah di ratusan titik, Minggu, 24 Mei 2020.

Padahal, Yogyakarta belum bebas dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19, meski jumlahnya paling kecil dibandingkan provinsi lain di Pulau Jawa.

Per Sabtu, 23 Mei 2020, tercatat 225 kasus Covid-19, dengan 121 di antaranya sembuh, dan 8 angka kematian.

Baca Juga: Bos Liverpool Pesimistis Suporter Bisa Penuhi Lagi Stadion dalam Waktu Dekat

"Ada masjid, musala dan ruang terbuka seperti halaman sekolah atau lapangan olahraga," kata Kepala Seksi Kemasjidan, Hisab Rukyat, dan Pembinaan Syariah Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag DIY Yosep Muniri menyebutkan titik-titik pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Total ada 284 lokasi shalat berjemaah.

Terdiri atas 14 lokasi di Kota Yogyakarta, 68 lokasi di Bantul, 12 lokasi di Kulon Progo, 43 lokasi di Gunung Kidul, dan 147 lokasi di Sleman.

Menurut Yosep, jumlah lokasi terdata tersebut masih terbilang sedikit jika dibandingkan musala dan masjid di DIY yang jumlah keseluruhannya mencapai lebih dari 13.000.

Baca Juga: Khawatir Terpapar Virus Corona, Chelsea Izinkan N'Golo Kante Latihan di Rumah

Ia mengatakan terhadap masyarakat serta seluruh takmir masjid/mushala di DIY, Kanwil Kemenag DIY telah berulang kali melakukan pendekatan dan memberikan imbauan agar pelaksanaan shalat id dilakukan di rumah baik secara sendiri atau dengan keluarga inti.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X