Kota dan Kabupaten di Jawa Barat Tak Masuk Kategori Level 5 Tingkat Kewaspadaan COVID-19

- 21 Mei 2020, 19:46 WIB
Ilustrasi COVID-19 /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Jawa Barat kembali memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan konsep proporsional yang disesuaikan dengan kebijakan masing-masing daerah. 

Perhitungan tingkat kewaspadaan tersebut dibuat berdasarkan 8 aspek yang dihitung di masing-masing daerah, mulai dari tingkat keseluruhan hingga desa dan akan diumumkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil setiap pekan. 

Kemudian delapan aspek tersebut diakumulasikam jumlahnya dan dikategorikan ke dalam lima level, di antarnya level 1 warna hijau, level 2 warna biru, level 3 warna kuning, level 4 warna merah, dan level 5 warna hitam. 

Baca Juga: Samsung Siapkan Ponsel Khusus Militer, Punya Fitur Night Vision hingga Stealth Mode

Berdasarkan tingkat kewaspadaan tersebut, pemerintah kota dan kabupaten di setiap wilayah diberikan kebebasan untuk menerapkan PSBB yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di wilayah tersebut.

loading...

“Hingga saat ini belum ada dari 27 kota kabupaten di Jabar yang masuk ke level 1 warna hijau, maksimal ada di level 2. Oleh karena itu, kami di provinsi memberikan rekomendasi salat Idulfitri diselenggarakan di rumah. Tidak di lapangan terbuka berhubung dengan level itu,” tutur Ridwan Kamil.

Berdasarkan kajian, kota dan kabupaten di Jawa Barat tidak ada yang masuk dalam kategori level 5 warna hitam.

Baca Juga: Gandeng Perusahaan E-Commerce Jadi Strategi Honda Tetap Jualan Disaat Pandemi COVID-19

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiranrakyat-depok.com dengan judul "Rilis Data Level Kewaspadaan di Jawa Barat, Depok Masuk Level 3 Meski Kasus Positif Terbanyak"

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X