Aksi Serentak Seniman Mural Sampaikan Kritik Lewat Media Gambar Bertajuk 'Seni Melawan Pandemi'

- 18 Mei 2020, 17:15 WIB
AKSI seniman mural di Indonesia sampaikan kritik di tengah pandemi bertemakan /Via Portalsurabaya.com

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah merebaknya wabah virus corona, khususnya di Indonesia, sejumlah kalangan seniman pun turut menyampaikan kritiknya melalui media gambar mural

Para seniman mural di Indonesia pun kompak melakukan aksi yang sama untuk menyampaikan pesan perang melawan pandemi lewat seni menggambar mural di sebuah dinding. 

Seni gambar di dinding itu diwujudkan dengan berbagai jenis dan teknik karya masing-masing. Mulai dari graffiti, mural, stencil, sticker bomb yang dikerjakan secara kelompok atau individu.

Baca Juga: Tontowi Ahmad Pensiun, Rekan Sesama Atlet Sampaikan Salam Perpisahan

Aksi serentak ini didukung dan diikuti oleh Street Artist dan seniman-seniman jalanan dari beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Kediri, Madura, Sidoarjo, Tangerang, Depok, Jakarta, Solo, Denpasar, hingga Makasar. 

loading...

Di Surabaya sendiri ada sejumlah titik Lokasi kawasan Jl.Jawa Gresik, Jl.Bukit Darmo Golf Surabaya, Tikungan jalan Bulaksari Surabaya Utara, Jl.Pacarkembang gang 3, dan kawasan Jl Dinoyo (setelah pertigaan dinoyo UWM).

Founder Serikat Mural dan Inisiator Gerakan Mural, Alfajr Xgo W menjelaskan, kritik melalui media gambar itu mengambil tema Seni Melawan Pandemi. 

Baca Juga: Update Kasus Virus Corona di DKI Jakarta pada Senin, 18 Mei 2020: 6.010 Positif COVID-19

"Jika pandemi COVID-19 adalah penyakit yg menyebar luas secara global dan bisa mengakibatkan dampak buruk, maka sama jika kami mengartikan bahwa pandemi adalah korupsi, permainan politik, kerusakan lingkungan, korporasi jahat, kekuasaan, peperangan, hingga hilangnya rasa kemanusiaan. Karena itu semua juga berdampak buruk bagi masyarakat dan umat manusia," jelas Xgo, Minggu 18 Mei 2020 malam.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Portal Surabaya (PRMN)


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X