Rabu, 27 Mei 2020

Dorong Budaya Bersih Cegah COVID-19, Kementerian PUPR Kembangkan Kereta MCK

- 6 Mei 2020, 11:19 WIB
KEMENTERIAN PUPR mengembangkan Kereta MCK guna mendorong budaya hidup bersih untuk mencegah persebaran COVID-19. /DOK. Kementerian PUPR

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengembangkan inovasi teknologi Kereta Mandi, Cuci, Kakus, dan Wastafel (Kereta MCK).

Kereta MCK ini diterapkan pada daerah-daerah yang belum memiliki fasilitas sanitasi yang layak.

Hal ini dilakukan Kementerian PUPR guna mendukung penanganan pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia melalui upaya meningkatkan hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

Baca Juga: Kamis 7 Mei 2020, Seluruh Moda Transportasi akan Kembali Dibuka

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dukungan inovasi dan teknologi diperlukan untuk membangun infrastruktur yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah.

Pemanfaatan teknologi yang tepat guna, efektif, dan ramah lingkungan dapat menciptakan nilai tambah dan pembangunan berkelanjutan agar manfaat infrastruktur dapat dirasakan secara mendatang.

Ia pun beranggapan, pasca pandemi COVID-19, banyak hal yang akan berubah dalam tatanan dan perilaku masyarakat, terutama terkait budaya sehat dan bersih.

Inovasi Kereta MCK merupakan pengembangan dari purwarupa teknologi Toilet Mobile yang dibuat Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR.

Baca Juga: Baru Sehari Pacaran, Zaskia Sungkar Kaget Irwansyah Didatangi 3 Wanita: Sakit Hati Gue

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Kementerian PUPR


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X