Perkuat Pertahanan, Prabowo Subianto Resmi Teken Pembelian 6 Jet Tempur Rafale Prancis

- 11 Februari 2022, 09:04 WIB
Jet tempur Rafale Prancis
Jet tempur Rafale Prancis /Reuters/Charles Paltiiau


PIKIRAN RAKYAT - Dalam memperkuat pertahanan alat utama sistem senjata (alutsista) bagi TNI, pemerintah akan membeli puluhan pesawat tempur generasi 4,5 Dassault Rafale buatan Prancis.

Dalam kesepakatan awal, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi menandatangani kontrak pembelian 6 pesawat tempur Dassault Rafale dari Prancis.

Ada 36 pesawat Dassault Rafale lagi yang akan diborong Prabowo Subianto ke Indonesia sehingga total menjadi 42 buah.

Baca Juga: Lepas Rombongan Tim Sepak Bola Wartawan Jawa Barat, Ridwan Kamil Minta Berjuang Maksimal

Penandatanganan pembelian awal 6 jet tempur itu terjadi saat Prabowo menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, 10 Februari 2022.

"Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk enam pesawat," kata Prabowo Subianto, dikutip dari Antara.

Menurutnya, Indonesia merencanakan pembelian alutsista yang cukup signifikan untuk "multirole combat aircraft" dengan mengakuisisi 42 Pesawat Rafale.

Baca Juga: Roundup: Prancis dan Amerika Serikat Saling 'Rebut' Indonesia dalam Penjualan Alat Militer

Selain pesawat tempur, Prabowo juga akan membeli dua kapal selam kelas Scorpene dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang dari Prancis.

"Tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam kelas Scorpene dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan termasuk latihan," kata Prabowo.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Antara

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x