Sabtu, 6 Juni 2020

Keputusan Presiden Jokowi yang Menampik Wacana Pembebasan Napi Korupsi Dinilai Sudah Tepat

- 7 April 2020, 14:42 WIB
JOKOWI.* /Instagram @kemensetneg.ri

PIKIRAN RAKYAT - Sikap presiden Jokowi terkait adanya wacana pembebasan narapidana korupsi di tengah wabah virus corona dinilai sudah tepat.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa napi korupsi sama sekali tidak akan mendapatkan pembebasan dan tetap menjalani masa hukumannya.

"Menurut saya, sikap Presiden Jokowi ini sudah sangat tepat, karena memang tidak ada hubungan antara pembebasan napi dengan pandemi COVID-19," kata Pengamat hukum administrasi negara dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Dr. Johanes Tuba Helan, SH, Mhum dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Saluran Bantuan di Tengah COVID-19 Harus Tepat Sasaran

Menurut dia ketimbang memberikan pembebasan, para napi korupsi tersebut lebih aman berada di dalam lapas dibandingkan berkeliaran di luar.

Lebih dari itu, yang dimaksud dengan larangan berkumpul adalah orang-orang dari berbagai tempat tidak boleh berkumpul dalam satu lokasi.

Pertimbangannya karena dikhawatirkan membawa Virus Corona dan terjangkit pada orang yang sehat.

Baca Juga: Di Saat COVID-19, Warga Pangandaran Dikagetkan Kejadian Langka Bulan Dilingkari Cincin

"Narapidana berada di lembaga pemasyarakatan, dan mereka aman karena terkurung pada satu tempat saja. Jadi tidak ada masalah dengan penyebaran Virus Corona," katanya.

Untuk itu pemerintah diminta mencegah dan mengatur akses keluar masuk bagi para pengunjung secara lebih ketat agar tidak membawa virus ke dalam lapas.

Karena itu, sikap Presiden Jokowi terkait wacana pembebasan napi adalah juga merupakan bagian dari perlindungan terhadap napi dari ancaman Virus Corona, katanya lagi.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X